Pemimpin Pro Rakyat Kecil


Islam merupakan agama yang diridhoi oleh Allah Swt. Segala aktifitas kita diatur oleh agama Islam. Bahkan memilih pemimpin pun diatur dalam Islam. 

Pemimpin yang sesuai kriteria agama Islam adalah : 
  1. Beriman dan beramal sholeh
  2. Niat yang lurus
  3. Laki-Laki
  4. Tidak meminta jabatan
  5. Berpegang pada hukum Allah
  6. Memutuskan perkara dengan adil
  7. Menasehati rakyat
  8. Tidak meminta hadiah
  9. Tegas 
  10. Lemah lembut
Namun kriteria-kriteria diatas sering kali dilupakan saat menentukan seorang pemimpin. Hal ini bisa kita lihat di Negara kita tercinta ini. Masih banyak pemimpin daerah yang tidak sesuai kriteria. Namun tak selayaknya kita berputus asa, justru kita wajib berdoa agar dikirimkan pemimpin teladan seperti sejarah Islam mencatat kisah Umar bin Khattab.

Pada saat itu kota Madinah dilanda musibah. Banyak korban berjatuhan. Rakyat miskin semakin bertambah. Khalifah Umar Bin Khattab memerintahkan menyembelih hewan ternak untuk dibagikan ke rakyatnya.

Saat pembagian makanan petugas memberikan daging terbaik untuk Umar. Namun Umar menolak pemberian itu. “Saya akan menjadi pemimpin yang paling buruk jika memakan makanan yang lezat dan meninggalkan makanan yang buruk untuk rakyat.”

Kemudian Umar meminta salah satu sahabatnya untuk mengambilkan roti dan minyak biasa untuk dimakan, dan memintanya membawa pergi makanan lezat tadi. Peristiwa seperti ini sangat sering terjadi di zaman Khalifah Umar Bin Khattab.

Oleh : Dedi Satiadi Iskandar (Staff Mekominfo KAMMI LIPIA)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »