Kunjungan KAMMI Komsat LIPIA ke TVRI


Rabu 26 Oktober 2016, KAMMI Komisariat LIPIA melakukan kunjungan ke stasiun televisi TVRI (Televisi Republik Indonesia) di Jl. Gerbang Pemuda Senayan, Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri oleh sebagian besar anggota Menkominfo, Ketua umum, sekretaris dan beberapa perwakilan dari departemen yang lain.

Kegiatan yang digagas oleh departemen Menkominfo ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di komisariat dalam hal peliputan media dan menambah wawasan kader. Hal ini terlihat dalam pernyataan perwakilan rombongan dalam sambutannya.

"Tujuan sebenarnya kami melakukan kunjungan ini ialah untuk menjalin silaturahmi dan juga mencari ilmu, menambah wawasan khususnya dalam bidang peliputan," ungkap Nafis.

Ganep, selaku perwakilan dari TVRI mengatakan bahwa mereka sangat terbuka dengan kegiatan-kegiatan seperti ini dan juga memberi kesempatan kepada masyarakat yang ingin mempelajari tentang hal yang berkaitan dengan media untuk datang dan ikut dalam kegiatan yang diadakan oleh TVRI.

"Kami sangat senang dengan kegiatan positif seperti ini dan menerima dengan sangat terbuka, bahkan TVRI juga menyediakan kursus-kursus tentang pelatihan fotografi, jurnalistik dan masih banyak lagi. Dan kegiatan ini terbuka untuk umum," ucapnya.

Setelah kedua belah pihak menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan diskusi-diskusi santai seputar perkembangan TVRI, jurnalistik dan peliputan.

"Sebagai televisi pertama di Indonesia, tapi kenapa TVRI seperti terlihat tidak berkembang dan jarang diminati masyarakat mengingat acaranya yang tidak sevariatif televisi swasta lainnya?" Tanya salah seorang peserta diskusi.

"TVRI ialah televisi nasional, artinya milik negara dan apa yang ditayangkan harus melalui proses panjang, juga dibatasi oleh undang-undang, dalam artian seluruh tayangannya harus independen dan mendidik. Jadi kami nggak bisa tuh nayangin musik sepanjang hari kaya di TV yang lain. Intinya, TVRI ini media negara, jadi seluruh tayangan dan kegiatan kami harus dapat menjaga keutuhan NKRI dan mendidik masyarakat," jelas Ganep.

Di akhir diskusi, terdapat penyerahan Cinderamata dari KAMMI Komisariat LIPIA yang diwakili oleh Amrin Nafis selaku selaku Ketua Umum dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Tidak hanya sampai di situ, setelahnya kami diajak untuk berkeliling di gedung produksi dan studio, melihat secara langsung proses shooting gambar, proses editing bahkan sempat foto bersama dengan pembaca berita TVRI.

(Rep: Abdur/ red: Edy)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »