Wanita Itu Fitnah

Wanita adalah manusia yang sangat mulia. Cerminan keluarganya adalah cerminan dirinya. Wanita adalah tiang agama dan negaranya. Jika rusak wanitanya maka akan rusak pula agama dan negaranya. Sebaik-baik wanita adalah yang mampu menjaga dirinya dan keluargannya dari fitnah dunia. Tapi, perlu kita lihat di jaman sekarang ini banyak wanita-wanita yang lupa akan kodratnya sebagai wanita. Mereka berpura-pura menutup mata dan telinganya untuk tidak mendapatkan ilmu agama yang semestinya dia dapatkan. Mereka dengar dan mereka tahu tapi mereka tidak menjalankannya dengan baik karena mereka hanya mampu berfikir banyak tentang dunia. Mereka lalai dengan kewajibannya, mereka bahagia bila banyak lelaki yang menyanjungnya karena fisik yang ia miliki, seandainya mereka tahu bahwa sebaik-baik wanita adalah wanita sholehah. Bahkan, di dalam Islam wanita sangatlah di muliakan, terbukti bahwa di dalam Al-Quran nama wanita di abadikan dalam surah An-Nisa.

Indah memang indah, cantik memang cantik, itulah sebutan umum bagi wanita jaman sekarang. Adapun salah satu sebutan yang tidak dapat dipisahkan dari wanita adalah fitnah. Anak perempuan bisa menjadi fitnah bagi ayahnya, saudari perempuan bisa menjadi fitnah bagi saudara laki-lakinya, bahkan seorang istri bisa menjadi fitnah bagi suaminya. Jika mereka tidak menjauhkan diri dari segala macam fitnah dunia. Adapun bukti bahwa wanita adalah fitnah terbesar dunia yaitu ungkapan Imam Ibnu Hajar yang selaras dengan hadits baginda Rasulullah yang diriwayatkan dari Usamah Bin Zaid yang menyatakan bahwa "Aku tidak meninggalkan satu fitnah pun yang lebih membahayakan para lelaki selain fitnah wanita." (HR. Bukhari). Hadits ini tidak berlebihan karena itu benar-benar terbukti adanya. Karena meskipun wanita diciptakan dengan kondisi akal yang lemah, namun mereka mampu menundukkan lelaki yang cerdas, kuat dan gagah perkasa. Dan meskipun wanita diciptakan dengan keterbatasan agama, mereka juga dapat menundukkan ahli ibadah dan di buat lupa dari tuhannya. Tidak jarang milyader korupsi karena permintaan seorang istri tercinta, ada juga beberapa lelaki waras menjadi gila gara-gara wanita, dan bahkan seorang laki-laki bunuh diri karena cintanya kepada seorang wanita. Pantaslah jika baginda Rasulullah SAW mengatakan fitnah yang paling luar biasa adalah fitnah wanita.

Tulisan ini tidak ada maksud untuk menjadikan wanita sebagai sesuatu yang lemah bahkan buruk. Seandainya wanita di jaman sekarang tidak memiliki kedudukan, kecantikan, dan kesempatan seperti apa yang dimiliki oleh Zulaikha, maka perlu diketahui tidak ada lelaki saat ini yang mampu menahan fitnah wanita seperti Yusuf Alaihissalaam. Jadi, wanita hendaklah kalian berusaha menjaga diri, jangan sampai membuat lelaki berpaling dari Allah atau menyebabkan mereka bermaksiat kepada Allah. Baik itu suami, ayah, saudara laki-laki, bahkan orang lain yang ada di sekitarnya. Dan Allah Maha Adil menjadikan wanita sebagai fitnah yang luar biasa tetapi Allah juga memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi wanita untuk menjadi perhiasan termahal di dunia. Wallahu a'lam bisshowab.


Oleh : Nur Fajrin Aslam (Kadept Mekominfo)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »