Donor Darah KAMMI Komisariat LIPIA bersama PMI

~oleh : Afifah Nusaibah
Ahad, 27 Oktober 2013. Ahad. Ya, benar ini hari ahad, hari libur Nasional, bahkan internasional. Dimana orang-orang mengisi nya dengan refreshing, jogging, shopping, bahkan sleeping. Tapi, ada yang berbeda dengan kader KAMMI. Disaat teman-teman sekampus yang lain sedang bercengkrama dengan muqorror nya, atau bahkan ada yang masih tertidur pulas di kasur nya, mereka dengan ghiroh yang luar biasa mengisi pagi Ahad cerah ini dengan kegiatan yang spektakuler. Bukan karna mereka tak ingin kan nilai mumtaz, bukan karna mereka tak ingin istirahat tuntas di hari libur, mereka sangat menginginkan nya. Tapi, mereka juga menginginkan mereka bisa membantu masyarakat indonesia yang membutuhkan darah.

Donor Darah KAMMI bersama Palang Merah Indonesia. Pagi-pagi sekali sekitar jam 7 WIB, sudah ada beberapa panitia di lokasi, tepat nya di SMPIT As Salam. Menyiapkan tempat, dekorasi, dan konsumsi. Kemudian selang beberapa menit, pihak PMI tiba di lokasi, dengan seabrek peralatan donor. Donor darah kali ini memang pada awal nya di peruntukkan kepada akhwat dan ibu-ibu warga sekitar. Tapi karena setelah berlangsung beberapa jam, dan peserta masih minim, akhirnya kami mengambil keputusan untuk mengundang Bapak-bapak sekitar dan kader ikhwan. Publikasi pun di gencarkan, via twitter dan facebook. Alhamdulillah, ada followers @kammilipia yang merespon, dan datang ke lokasi setelah bertanya-tanya via twitter. Dari sekian panitia akhwat, hanya segelintir orang yang lulus kriteria untuk menjadi pendonor. Karna memang berat badan akhwat yang mayoritas di bawah syarat umum pendonor.
Darah yang sudah di donorkan, tidak bisa langsung di salurkan ke yang membutuhkan, tapi akan di proses dulu oleh pihak PMI. Saya sempat bertanya pada salah satu petugas PMI, berapa harga darah perkantung nya. Beliau jawab harga satu kantung darah Rp.250.000,-. Subhanallah, begitu berharga nya darah yang kita donorkan. Orang-orang di luar sana tak hanya yang butuh materi, dari mereka juga ada yang membutuhkan sebagian kecil bagian dari tubuh kita. termasuk darah kita.

Kemudian, setelah berlangsung acara donor darah, dan beberapa pendonor sudah selesai mendonorkan darah nya, banyak kesan yang terlontar dari benak mereka.
"badan serasa melayang nih"
"wah, sangat bermanfaat acara ini, saya jadi merasa lebih ringan"
Kami pun lebih menggencarkan ajakan kepada kader-kader ikhwan. Tapi ternyata kader ikhwan banyak kesibukan sehingga tidak bisa meluangkan waktu nya untuk singgah ke acara donor darah kali ini. Beberapa mention di akun @kammilipia pun mengatakan bahwa mereka sangat senang dan berterimakasih karna KAMMI Komisariat LIPIA sudah bekerja keras untuk mengadakan acara donor darah di lingkungan LIPIA. semoga kedepan nya masih banyak agenda-agenda KAMMI yang bermnfaat untuk masyarakat seperti hari ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »