Mengapa Kita Harus Menulis?

*oleh : Afifah Nusaibah   


Sudahkah kau temukan jawaban nya?

Menulis itu mudah, bahkan anak SD saja sudah di ajarkan menulis. Beda nya di SD anak-anak di ajarkan tata cara menulis huruf yang baik dan benar. Sedang kita? Bukankah kita sudah lihai menarikan jemari kita dengan pena di atas kertas?

          Sekarang adalah saat nya kita belajar menulis yang tidak sekedar melukis huruf, tapi juga melukiskan kalimat, kisah hidup, nasihat, puisi, opini publik dan masih banyak lagi.

          Alasan mengapa kita harus menulis adalah, karena dengan menulis akan mempertajam analisis dan daya fikir kita. Secara tidak langsung, jika anda ingin menulis tentu anda harus mencari ide, inspirasi atau referensi agar dapat menghasilkan sebuah tulisan. Dengan itulah secara tidak langsung menulis dapat mempertajam daya fikir dan analisis kita.

          Kemudian, menulis juga sebagai sarana kita merefrehs pengetahuan. Atau lebih tepatnya memperbaharui pengetahuan kita. Inilah faktanya. Menulis menuntut kita untuk lebih aktif berfikir, dan beranalisis. Sastra bukan sekedar seni, tetapi kebermanfaatan intelektual dan kecerdasan masyarakat.

          Menulis itu kerja keabadian. Bahkan saya pernah mendengar sebuah ungkapan, ‘tetesan pena penulis lebih mulia dari tetesan darah syuhada’. Menjadi penulis juga bukan hal yang spontan. Segala sesuatu butuh proses, kerja panjang dan kerja keras. Roma tidak di bangun dalam sehari. Begitulah dengan penulis, tidak asal jadi. Tapi membutuhkan proses panjang. Nikmatilah proses tersebut. Jadi, apa alasan anda untuk tidak menulis? Siapa yang akan mencerdaskan masyarakat bangsa ini jika bukan kita? Lalu, kapan anda akan mulai menulis? Mulailah dari sekarang. Targetkan satu hari anda harus menciptakan satu tulisan. Puisi, narasi, opini dan masih banyak lagi bentuk tulisan yang bisa anda ciptakan. Jangan berhenti bergerak, jangan berhenti mencari ide dan inspirasi. Dunia ini luas teman, banyak hal yang dapat kau tulis. Carilah sejuta alasan mengapa anda harus terus menulis.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »