Mahasiswi Filipina Menjadi Peserta DM1 KAMMI LIPIA 2013

Hari kedua (sabtu) Dauroh Marhalah 1 KAMMI Komisariat LIPIA. Sedikit cerita, saya memang dikenal sebagai orang yang cuek, dan kurang peka terhadap sekitar. Bahkan, nyaris saya yang paling terakhir tahu jika ada salah satu dari peserta dauroh marhalah 1 ini yang berasal dari Filiphina. Padahal, dari awal acara, Pra DM dan sebagainya, saya selalu hadir di lokasi. Cukup terkejut dan dibuat penasaran. Tapi, kesibukan dalam kepanitiaan membuat rasa penasaran itu entah kemana. Kemudian di hari H Dauroh Marhalah 1, saya berkesempatan mengawasi barisan peserta saat bagian acara menginstruksikan beberapa pengumuman. Saya mulai mencari-cari, dimana posisi peserta asal filiphina itu. Kemudian saya mulai memperhatikan nya. Sempat beberapa kali saya melihat nya terlambat menjalankan perintah dan hukuman, mungkin karna ia belum terlalu menguasai bahasa Indonesia. Tapi saya kagum, tidak ada keluh kesah yang tersirat dari matanya.
Ternyata rasa penasaran saya berhenti sampai disitu. Sampai DM berakhir saya tidak menelisik lebih jauh tentang nya. Yang saya ingat, terakhir di acara penutupan, saat para peserta dan panitia saling salam-salaman dan maaf memaafkan, dia menghampiri saya, menjabat tangan sambil berkali-kali mengucapkan kalimat “ ‘afwan, dan jazakillah khoir ukhty” dengan wajah nya yang penuh dengan senyuman hangat.
DM1 pun berakhir.
H+1 pasca Dauroh Marhalah 1 KAMMI Komisariat LIPIA, tiba-tiba ada seorang teman dalam struktur yang meminta saya untuk mewawancarai peserta asal filiphina tersebut. Saya sempat bingung, karna selain bahasa arab yang masih lemah, bahasa inggris yang saya miliki pun berkesan memaksa fashiih.
Tapi saya tetap mencoba, dan terjadilah percakapan via sms bersama saudari kita asal filiphina tersebut. Berikut cuplikan percakapan kami, tanpa saya revisi. P (saya) S (dia)
P : Assalamu’alaikum, ukhty. Saya mau bertanya beberapa hal tentang Dauroh Marhalah dan KAMMI, bisa?
S : Wa’alaikumslam wr wb… afwan ukhty baru baca. Apa Tanya antum?
P : Apa pendapat antum tentang Dauroh Marhalah yang kami adakan kemarin? Dan menurut antum, KAMMI itu bagaimana?
S : Afwan, baru beli pulsa. Just now, benar2x
S : Bismillah, semua kami merasa kebahagiaan with your activities. Subhanallah, KAMMI serves as asbab to awaken our hadaf in this ummah.. the activities was not just a seminar, but it trained us to be an ideal muslim to serve Allah and its society as a whole. J
P : Alhamdulillah,,, what you get in training?
S : KAMMI is an example of youth who are productive, have eeman and very ikhlas in awakening their co-youth to be concern with UMMAH. Hope you will continue what you are doing LILLAh. Subhanallah, there are lost to tell, but I think its enough… may Allah protect all of you, reward you in this dunya and in akhirah, make all of you dear servants of Him and reward you to be among those He Loves, para nabi, para shadiq, para syahid and para shalih, allahumma amen…
P : Aamiin, Jazakillah Ukhty, uhibbuki fillah J

S : Many to mention.. I will give the important things… the value of time, walaupun kita masih youth, we have something to contribute to this ummah. The hikmah is, we muslim must be leader… if the yahudi, nashrani have big bussines, smart, etc, harus kita yang lebih. Because this world is for us. Subhanallah, ahabbakunnallahulladzi ahbabtaniylah… J
P : aamiin, thanks for your opinion J
S : Alhamdulillah, just continue your good works to inspire the believers… fastabiqul khairoot, J yassarallahu umurana ba Baraka fiyha… allahumma aamiin… Syukrulillah karena I have meet you KAMMI J
P : I hope you will join us for enligting and inspiring ummah within KAMMI, we are waiting your contribution J
S : bismillah, I can’t answer for now.. maaf, but insya Allah, I will help as your ukht fillah, we are one LILLAH.
P : Okee,,, if I’ll ask you again, may I?
S : ok, J please free to ask question…  I like KAMMI very much.. I am just afraid to commit with something, because when you join to a group, it is not just joining, you must give it all. I will help as your sister fillah, we have the same goal.. Alhamdulillah, there are hikmah for everything… everything has been written by Allah, I knew in my heart we are destine to meet… Alhamdulillah, thank you for reminding us, uhibbukunnafillah…
P : its not hard to contribute. You can join our program first, and you’ll know the real KAMMI J
S : Bismillah, Insya Allah… thank you so much.

P : Uhibbukifillah, so how your opinion about akhwat’s dress in KAMMI?
S : Maasya Allah, muslimah… the dress is not base in judging people because Allah only knows who are true servants... KAMMI akhawaat are faithful and smart in deen…
P : thanks Ukhtiii… so, have you get in your country like KAMMI in Indonesia?
S : Yes, but KAMMI is better.. J  subhanallah, mumtaz… maasya allah, may Allah protect all of you, Allahumma aamiin J
P : aamiin J
            Subhanallah, saya dan beberapa teman yang turut menyaksikan percakapan ini benar-benar terenyuh, salut, dan kagum. Semoga kita bisa mengambil banyak hikmah dari apa yang ia simpulkan tentang KAMMI, dan semoga kita tetap istiqomah dalam jalan dakwah ini.
Terimakasih kepada seluruh jajaran MEKOMINFO KAMMI Komisariat LIPIA, Koordinator akhwat dan Ketua Umum atas dukungan dan masukan nya dalam penulisan kisah kecil ini.

*Afifah Nusaibah dan teman-teman MEKOMINFO KAMMI komisariat LIPIA.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
10 Oktober 2013 pukul 04.33 delete

ah ga heran,,, dulu juga ada peserta dri malaysia, bhkan sampai menjadi pengurus,,, :)

Reply
avatar
13 Oktober 2013 pukul 07.17 delete

Mantap! Dari derah timur juga tak mau kalah, ada dari UNHAS juga :)
terus jaya membangun bangsa, kammi!!

Reply
avatar
13 Oktober 2013 pukul 19.29 delete

Alhamdulilah, saya juga dari KAMMI komsat IAIN Sunan Ampel Surabaya,
mengabarkan, kau sebagian besar mahasiswa asal negeri jiran malaysia bergabung dengan dakwah KAMMI disini..

Reply
avatar
10 Februari 2014 pukul 11.24 delete

wah keren, keren,,, KAMMI moga tetap istiqomah.. jadi teringat teman2 di komisariat al furqon 2008..

Reply
avatar