Lo HARUS NULIS dan NULIS!!!


~pipah_

                Gue suka nulis dari waktu gue di bangku MTs. Waktu itu gue ikutan lomba essay yang temanya Narkoba. Yaah, secara gue jaman MTs, tau apasih tentang narkoba. Yang gue tau cumin narkoba itu bahaya! Cumin 3 kata yang terbesit dalam otak gue. Tapi di lomba essay gue harus ngejabarin 3 kata itu jadi 2 lembar polio. Nah! Lo bayangin tuh gue dapet kalimat dari mana dengan ilmu gue yang pas pasan ini. Awal nya gue males ikutan, tapi gue pengen tau sejauh apa kemampuan gue nulis. Akhirnya gue menang! Ya.. walopun cumin harapan III. Kata gue sih panitia cuman nyenengin hati gue aja biar gak putus asa.
                Di bangku SMA, ternyata hobi gue nulis di dukung banget sama temen-temen sekelas. Mereka maksa gue buat bikin cerpen. Awal nya gue gak yakin, tapi ternyata hobi gue ngayal cukup membantu dalam proses pembuatan cerpen-cerpen gue. Ada sekitar 10 cerpen gue ciptain dimasa itu. Dari yang islami ampe yang jahili, yah lo tau lah gaya mikir anak SMK kayak mana.  Gue juga nulis puisi, gue juga nulis opini. Kalo lo baca semua tulisan gue, gue yakin lo bakal bilang kalo tulisan gue semua nya amatiran. Penggunaan kata yang kacau tak beraturan. Tapi yaa whateverlah. Yang penting gue nulis. Karna gue sadar banget tulisan itu punya pengaruh besar dalam kehidupan, pendidikan, dan perbaikan. Dakwah gak cuman koar-koar khutbah atau ceramah kan? Dakwah gak cuman rajin liqo kan? Dakwah gak cuman lo aktif banting tulang di organisasi kan? Lo juga harus bisa nulis! Oke, gue tau kalo lo udah pinter nulis, maksud gue lo nulis gih sesuatu yang bermanfaat bbuat di baca sama temen-temen lo, bukan cuman nulis skripsi, nyalin PR, nyatet pelajaran dll. Walopun cuman puisi, cerpen, apalah pokok nya tulis aja. Apa lagi kalo lo mahasiswa. Yaah, gue yakin banget ilmu lo udah tinggi, wawasan lo luas bingitttt… dan kalo lo nulis, gue yakin tulisan lo bakal sangat-sangat berkualitas. Nggak kayak tulisan gue ini, yang serba amatiran ples abal-abalan.
                Terus, kenapa lo masih nggak mau molai buat nulis? Lo males? Takut nanti “stuck”? apa ide lo yang mentok? Haduuuh, Jangan putus asa dong fren… Piso aja kalo nggak di asah bakal tumpul, gitu juga dengan tulisan lo, kalo lo nggak asah kemampuan lo nulis, ya bakal tumpul. Tapi kalo lo asah, latihan terus menerus , nulis dan nulis, gue yakin tulisan lo bakal tajem, tajem menembus dunia!

                Jangan anggep nulis itu hobi. Anggep nulis itu kebutuhan buat lo. Lo butuh mempertajam daya analisis dan pemikiran lo. Dan cara nya itu dengan lo nulis dan nulis. Nulis itu manjangin umur fren. Lo bisa aja pulang ke rahmatullah kapan aja, tapi tulisan lo bakal tetep hidup di dunia. Sampe kiamat nanti. Setelah ini, lo coba deh coret-coret nulis, apa aja dah… yang penting nulis dan nulis. Maaf ya kalo kata-kata gue ada yang kurang ngenakin. Semoga bisa memotivasi diri kita buat nulis yang bermanfaat untuk masyarakat. ~Salam Ukhuwah~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »