KAMMI Komisariat LIPIA Gelar Workshop Kepenulisan



Jakarta- KAMMI Komisariat LIPIA menggelar workshop kepenulisan yang diinisiasi oleh salah satu departemen internal KAMMI yang membidangi masalah media dan komunikasi; Mekominfo. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu 2 April di Masjid Ar-ruhama, Jati Padang-Jakarta Selatan. Puluhan pengurus KAMMI tampak menghadiri acara ini.

Di awal sesi, pemateri workshop, Erwyn Kurniawan mengatakan betapa pentingnya menulis bagi seorang aktifis jika tidak ingin gagasan dan idenya menguap hilang begitu saja.
“Suatu ide atau gagasan itu harus ditulis, karena kalau diucapkan saja tidak akan bertahan lama, bahkan hilang, tetapi jika ide itu ditulis, ia akan tetap hidup, bahkan ketika kita sudah tiadapun. Contohlah tokoh-tokoh yang sudah tiada tetapi karya mereka tetap dibaca dan dikenang sampai saat ini, seperti M Natsir, HOS Cokroaminoto dan lain-lain,” terang penulis best seller “The Great Story of Muhammad” itu.

Setelah pemateri selesai menjelaskan prolog tentang betapa pentingnya menulis dan perang opini melalui tulisan. Lebih lanjut, acara diteruskan dengan materi dasar tentang bagaimana menulis berita, opini dan tulisan bebas.

Asyiknya acara ini tidak melulu berkutat pada teori, tapi langsung dibarengi dengan praktek. Ketika satu materi telah selesai dijelaskan, pemateri langsung memerintahkan untuk langsung praktek menulis dan dibedah ketika itu juga, sehingga para peserta dapat mengetahui di mana letak tulisannya yang kurang baik.

Acara ini banyak mendapat apresiasi dari peserta yang hadir, salah satunya dari staf kastrat, Akh Hilal. Ia mengatakan bahwa dengan acara ini, bisa mengetahui cara menulis yang benar dan memberikan motivasi lebih untuk terus latihan.

“Workshop tadi bagus sekali, jadi tahu kalau menulis itu caranya begitu, dan kita harus banyak latihan menulis lagi, agar tulisan kita jadi semakin bagus dan layak dibaca oleh orang banyak. Sehingga ketika sudah matipun, tulisan kita masih hidup bahkan masih dikenang,” ujarnya saat dimintai pendapat.
(kasyaf/kas)


Ustad Erwyn Kurniawan

Makan Bersama
Penyerahan Kenang-Kenangan


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »