Sebuah Dongeng Pengantar Tidur, Sejarah ?


Pembahasan mengenai sejarah tentu melahirkan berbagai macam fikiran dalam kepala kita, entah berupa hayalan kejadian masa lalu maupun kenangan, seorang guru mendongeng sebuah cerita putri salju di depan kelas ketika masa sekolah dulu. Benar bukan ?

Kita tentu sudah faham apa itu sejarah. Di Indonesia kata sejarah berasal dari Bahasa Arab “syajaroh” yang berarti pohon. Sedangkan, History dalam bahasa inggris di ambil dari kata benda yunani Istoria yang berarti ilmu. Dalam penggunaaannya oleh filsuf yunani Aristoteles, Istoria berrati suatu penelaahan sistematis mengenai seperangkat gejala alam, entah susunan kronologis merupakan faktor atau tidak di dalam penelahaan.

Sejarah menurut Kontowijoyo adalan rekonstruksi masa lalu. Jangan bayangkan membangun masa lalu itu untuk kepentingan masa lalu sendiri; itu artikularisme dan bukan sejarah. Dan juga jangan dibayangkan masa lalu yang jauh.

Di atas sudah kita kupas makna sejarah dalam beberapa versi. Nah… apa yang akan kita dapatkan dengan mempelajari sejarah islam atau bangsa kita sendiri ?

Dengan mempelajari sejarah kita bisa mengetahui kejadian-kejadian masa lalu, baik itu sejarah islam maupun sejarah bangsa kita sendiri. Ketika kita memepelajari sejarah islam maka kita akan tahu kapan tepatnya Nabi Muhammad lahir, kapan diturunkannya Al-Qur’an kepada beliau, kapan umat islam mengalami kejayaan serta kapan umat islam mengalami kemunduran. Sedangkan, ketika kita belajar sejarah bangsa kita maka kita akan tahu besarnya perjuangan para pahlawan dalam menumpas penjajahan dan kerasnya medan pertempuran saat akan meraih kemerdekaan bangsa. Dari sejarah juga kita bisa mengambil kiat sukses dalam membangun peradaban umat maupun bangsa.

Dengan demikian sejarah memiliki peranan penting dalam kehidupan umat manusia dan seluruh bangsa di dunia ini. Sejarahlah yang mematok tiang eksistensi setiap umat manusia dan bangsa itu. Sejarah juga yang menentukan arah pada masa kini dan tujuan pada masa mendatang. Suatu umat atau bangsa yang ingin mencapai kejayaan dan kemuliaan harus bersahabat dengan masa lampaunya supaya memperoleh kekuatan dan pegangan dalam membangun masa kininya serta agar dapat memandang jauh kedepannya.

Dari pemaparan diatas dapat kita fahami bahwasannya sejarah sangat penting bagi kepentingan umat maupun bangsa. Sehingg kita bisa lebih semangat untuk belajar sejarah umat islam maupun bangsa kita sendiri. Berusahalah untuk menjaga mata ketika sedang belajar sejarah, jangan sampai kita “berlayar ke pulau kapuk” ketika guru sedang menjelaskan tetntang sejarah.

                                                                                                                                         Penulis : Rinika Aprilianti (Staff Dept Sosmas KAMMI LIPIA)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »