Iran Siap Rekonstruksi Fasilitas di Suriah

Kota Damaskus, Suriah (Foto: Trend)
Kota Damaskus, Suriah (Foto: Trend)
TEHERAN - Menteri Energi Iran Majid Namjou menegaskan kesiapan negaranya untuk melakukan rekonstruksi dari tiap-tiap fasilitas yang rusak di Suriah. Bantuan ini merupakan bentuk komitmen Iran yang ingin membantu Suriah.

"Republik Islam Iran tidak akan pernah meninggalkan Suriah dalam situasi sulit," ujar Namjou, seperti dikutip Press TV, Jumat (27/7/2012).

Namjou mengatakan, perusahaan-perusahaan milik Iran siap melakukan kerja sama dengan Suriah untuk menyediakan dan memasok yang dibutuhkan oleh Suriah. Sektor swasta Iran selama ini terus melakukan kerja sama teknis, pengembangan dan proyek-proyek ekonomi lainnya di Suriah.

Sementara Menteri Listrik Suriah Imad Khamis meminta Iran untuk tetap meningkatkan kerja sama dengan Damaskus. Kerja sama ini khususnya dapat diberikan di bidang industri. Khamis juga meminta Iran mempersiapkan dirinya untuk memberikan bantuan.

Khamis menambahkan, Suriah saat ini menjajaki perluasan kerja sama dengan Iran untuk memanfaatkan energi moderen. Berdasarkan keterangan pihak Iran, Negeri Paramullah itu akan menyediakan listrik hingga 50 megawatt. Bantuan ini merupakan tahap pertama yang akan diberikan Iran kepada Suriah.

Kedua negara juga sepakat untuk melakukan kerja sama ekspor teknologi dan teknisi. Tidak lupa keduanya juga akan mengimplementasikan proyek seperti air bersih, sanitasi dan waduk.

Iran selama ini memang dikenal sebagai negara yang masih mendukung Suriah, meskipun dunia internasional telah menjatuhkan sanksi. Tak kurang, Iran dan Suriah dianggap sebagai musuh dunia Barat.
(sumber :  http://international.okezone.com/read/2012/07/27/412/669560/iran-siap-rekonstruksi-fasilitas-di-suriah )

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »