Kajian Lintas Komisariat

Kajian Lintas Komisariat


Selasa, 21 Oktober 2014
KAMMI Komisariat LIPIA mengadakan KAJIAN UMUM sekaligus KAJIAN LINTAS KOMISARIAT. Acara ini menghadirkan Ustadz Arya Sandhiyudha, ketua PPI Turki, yang juga kandidat Doktor Bidang Hubungan Internasional Fatih University Istanbul Turkey.

Tema yang di angkat dalam Kajian kali ini adalah "Dinamika Dunia Islam dan Dampaknya bagi Indonesia Baru".

"Di angkatnya tema ini dalam kesempatan ini adalah karena kami melihat dinamika dunia islam beberapa kurun waktu terakhir. Asa kita sempat di bangkitkan oleh Arabic Spring yang begitu dahsyat, yang seolah-olah dapat membentuk hegemoni kekuatan islam dunia, menandingi hegemoni kekuatan barat, meskipun selanjutnya asa itu seolah sirna kala mesir runtuh dengan kudeta militer.

Namun di sini kami melihat beberapa negara dapat terus stabil meskipun di bombardir baik dari domestik maupun asing. Lihatlah Turki, bisa di katakan saat ini Turki merupakan negara islam dengan tingkat stabilitas ekonomi dan politik yang tertinggi di dunia, di sana islam dapat menjadi suatu entitas yang kokoh dan mengakar, seolah-olah tidak bisa digoyahkan oleh kekuatan domestik maupun asing. Inilah yang menjadi asa baru bagi kami, dari dinamika inilah dapat diambil pelajaran yang kemudian dapat dikorelasikan dengan Indonesia yang baru bergolak transisi kepemimpinannya. Harapan kami kedepan Indonesia mempunyai peran lebih di kancah internasional, peran sebagai aktor dan penggiat, bukan peran penonton maupun pengamat."

Papar Abdullah Mas'ud selaku ketua pelaksana sekaligus moderator dalam acara tersebut.
Kajian ini juga dihadiri mahasiswa dari berbagai kampus. Al Hikmah, BSI, Dzunnurrain, UNJ dan juga mahasiswa Lipia Jakarta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »