One Day Training Bekam








Institut Dakwah Tauhid (IDETE) bekerjasama dengan Bidang Perempuan di bawah naungan KAMMI Komisariat  LIPIA  telah sukses menggelar pelatihan One Day Training Bekam.

Acara yang dilaksanakan pada hari Ahad, 5 November di Aula Masjid Al-Ikhlash lantai 4, Jati Padang, Pasar Minggu. Dihadiri oleh 34 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswi dan umum.

Pelatihan yang ditujukan khusus untuk akhwat ini mengambil tema Melestarikan Pengobatan Rasulullah SAW. Bekam adalah metode terapi klasik yang Rasulullah ajarkan kepada umatnya dan telah teruji keefektifitasan-nya untuk mencegah, mengobati dan meringankan berbagai penyakit.

Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, diharapkan semua peserta dapat menguasai softskill bekam yang nantinya dapat dipraktikkan secara langsung kepada masyarakat. Mengingat pentingnya keutamaan bekam ini, maka One Day Training Bekam melaksanakan tiga sesi dalam membekali softskill pesertanya, sesi yang pertama dimulai dengan materi Konsep Sehat dan Sakit” oleh Ns. Utari Suzan Balqis S,Kep. Kemudian dilanjutkan dengan materi “Satu Keluarga Satu Pembekam” oleh Ummi Iis Muflihat, pemilik rumah bekam di Depok. Untuk sesi yang ketiga, semua peserta berpasangan melaksanakan praktik bekam yang diawasi oleh pemateri sebelumnya, dibantu dengan seorang asisten yaitu Ibu Ria Ratnaningsih.

Output yang ingin dicapai adalah setiap peserta dapat melaksanakan konsep sehat ala Rasulullah SAW dengan mengikuti pengobatan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, salah satunya bekam. Pelatihan yang sekaligus kegiatan sosial ini melibatkan tiga orang ibu dari TPA-IQ Al-Fath yang kami fasilitasi secara gratis.
Karena beragamnya makanan yang kita konsumsi ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat, menyebabkan banyak sampah yang tertimbun dibawah permukaan kulit kita dalam bentuk toksin atau darah kotor. Dan itu harus dikeluarkan dengan Bekam.” Ujar salah satu pemateri. 

Acara ditutup dengan penjelasan singkat bagaimana menjaga alat bekam agar tetap steril oleh Ibu Utari. Selain kemampuan bekam, para peserta senantiasa dibekali dengan keyakinan bahwa kesembuhan datangnya hanya dari Allah SWT dan bekam yang disertai dengan keyakinan pasien dan terapisnya hanyalah salah satu jalan untuk memperolehnya. 

Tak kalah penting, pelatihan bekam ini tidak akan sukses kecuali Allah telah menakdirkan kesuksesan, kemudian atas kerja keras para panitia yang mengorbankan waktu dan kemampuannya untuk membantu terselenggaranya acara ini. Semoga dengan acara ini Allah ridhoi dan Allah takdirkan kita dengan rahmatnya untuk berkumpul bersama dengan Rasulullah di akhirat kelak. Amiin.

( Rep : Siti Nuril Fatimiyyah) 



~Sedang mendengarkan arahan untuk persiapan praktek~

~Foto berang peserta dan pelatih~







             


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »