KAMMI LIPIA Kembali Gelar Dauroh Marhalah 1


Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia komisariat LIPIA (KAMMI LIPIA) kembali menggelar Dauroh Marhala satu setingkat komisariat. Acara yang dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Darul Hasani, Tambun, Bekasi pada tanggal 27 sampai dengan 29 Oktober tersebut mengambil tema “ Mewujudkan Karesteristik Pemuda Muslim Solutif, Progesif & Pancasilais Untuk Jayakan Indonesia.” 

Dari tema yang dipilih oleh KAMMI LIPIA, sudah mencerminkan bahwa tujuan dari Dauroh Marhalah 1 Komsat LIPIA adalah mencetak mahasiswa-mahasiswa yang tidak hanya berkafa’ah dalam dunia syariah tapi juga bagaimana menjadikan mahasiswa-mahasiswa LIPIA bisa terjun dan memiliki kafa’ah dalam bidang lainnya seperti politik, sosial, budaya dan ekonomi. Kemudian di kalimat terakhir juga disebutkan "Pancasilais", yang mana bertujuan untuk mencetak peserta Dauroh yang cinta dengan asa negaranya dan mengerti bahwa sebenarnya Pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

Output dari Dauroh Marhalah ini adalah menjadikan mereka “melek” dengan kehidupan sekitar, mulai dari individual-pribadi, individual-masyarakat, individual-negara, bahkan sampai individual-mancanegara. Mahasiswa yang sudah bisa peka dan melek dengan hal-hal seperti itu akan menjadikan mereka lebih progresif, lebih maju, lebih bisa membaca krisis-masalah, dan juga bisa menelurkan solusi terbaik dari masalah-masalah tersebut. Ditambah terobasan baru yaitu tetang memaknai "Pancasilais" yang mana tema tersebut sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan umat Islam Indonesia.

"Di sini, di agenda ini, mental, ketangkasan, berdiskusi, adu pendapat, belajar untuk menjadi solutif pionir maupun andrenalin anda akan diuji, maka jiwa dan raga anda tidak menyatakan kesiapan anda tidak menyatakan kesiapannya mundurlah. Sesungguhnya Allah telah menyiapkan beribu pasukan terbaiknya untuk berada di sini, di barisan ini". Ujar Akh. Ibnu Sina selaku ketua Pelaksana Dauroh Marhalah 1 kali ini. 

Di penghujung acara diadakan games-games outbound agar kegiatan dauroh tidak monoton dan menghibur para peserta. Games-games ini juga bertujuan untuk mengasa kekompakan tim dan kemampuan leadership mereka, terlihat para peserta sangat semangat dan antusias mengikuti kegiatan outbound tersebut.

Di samping tema yang menarik, yang menjadikan DM 1 2017 berbedah dengan sebelumnya adalah jumlah partisipan yang luar biasa. Tercacat peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 66 peserta ikhwan dan 31 peserta akhwat. Jumlah yang sangat banyak jika dibandingkan dengan Dauroh Marhalah  yang diadakan di komisariat lain.

Tak kalah penting, DM 1 2017 tidak akan sukses kecuali Allah telah menakdirkan kesuksesan kemudian atas kerja keras para panitia yang jauh-jauh hari sudah mempersiapkan segalanya. Hal ini bisa dilihat dari intensitas rapat-rapat persiapan yang dilaksanakan panitia serta follow up yang cepat setelah rapat-rapat tersebut. Juga komitmen panitia yang sering kali memprioritaskan agenda tersebut dari agenda-agenda lainnya. Semoga perkumpulan ini, Allah ridhoi dan Allah takdirkan kita dengan rahmatnya untuk berkumpul pada perkumpulan yang abadi di Jannah-Nya. Amiin. 
 (Rep: Salman Al-Farisi Basyir)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »