MABOK UAS

~Oleh : Afifah Nusaibah

Apa kabar sob? Denger-denger, ujian di depan mata ya? Kedipin aja, ntar juga kesengsem dia.(hehhe)
Nah jadi gini sob, ane sebagai sahabat yang baik hati (serius baek banget emang) pengen bagi-bagi saran dan tips buat ente ente semua yang mau “Ngedipin UAS alias ujian niha’I”. Karna ane gak mau, ada dari kalian yang ampe MABOK UAS. Santai aja, ngebaca ini gak makan waktu lama kok, gak rugi juga loh, walopun nih ane dapet dari searching baca sana sini, tapi lumayan kan… ente tinggal baca di satu blog, ga usah lari sana sini pindah-pindah tab buat buka-buka beberapa artikel yang terkait.        
                Nih sob, ane tau Kampus ente pada tuh muqoror nya seabrek abrek, apa lagi yang udah di tingkat syariah, widiiih gak nahan deh. Mantep banget pokok nya. Ane gak menjamin sih, saran ane bakal ngebantu banget atau nggak, tapi ya setidak nya buat menjaga deh…
                Ane tau mahasiswa LIPIA kalo lagi UAS badzlul juhd nya maasya allah banget deh. Sampe kepala udah ngangguk ngangguk tapi masih aja bertahan buat belajar. Subhanallah banget mereka ini. Nah sob, ente pada juga pasti kayak gitu kan? Nih ane kasih tau, kalo emang UAS ini mengharuskan ente begadang, hindarin deh minum kopi. Mendingan minum air putih banyak-banyak. Karna air putih mampu menetralisir segala jenis racun yang ada dalam tubuh. Nah, jangan lupa juga bagi-bagi waktu, buat belajar boleh di banyakin, tapi buat istirahat, makan, refresh, jangan di tinggalin sob. Bahaya kalo sampe ente nggak makan, kurang tidur, stress, waaah bisa-bisa beneran MABOK UAS nih. Susah sob, ambulan nya ngantriii… (Just Kidding)
                Next, kalo lagi belajar, minimal tiap 1 jam sekali kasih kesempatan istirahat buat diri sendiri, minimal 10 menit lah. Bisa buat tilawah, atau buat gerak jalan-jalan dikit biar nggak pegel linu. Hehehe… Terus nih sob, asupan zat besi dalam tubuh juga harus di perhatikan, karna zat besi itu menjaga daya tahan tubuh kita, semisal ikan, daging, kacang-kacangan atau yogurt. Pokok nya makan makanan yang 4 sehat 5 sempurna deh. Sayur-sayuran, susu, buah, ikan dll.
                Lanjut ya, nih ada saran juga. Hindari teman yang stress. Walopun ini nggak terlalu urgent, ente harus perhatiin nih sob, pokok nya ente harus menjaga diri dari orang-orang yang stress ataupun galau,  soal nya galau itu cepet nular loh… hii, serem..!
                Ehm, inget ya… Kita belajar karna ilmu, bukan karna natijah, ujian ini hanya mengukur seberapa dalam ilmu mu, bukan seberapa besar nilai mu, so.. Usaha maksimalkan, doa kuatkan, hasil pasrahkan. Usaha maksimalkan juga inget-inget waktu sob, jangan sepanjang hari, ampe makan lupa, tidur gak nyaman, awas yaaa.. POKOKNYA jangan ada yang MABOK UAS!!! Allah udah atur semua nya yang terbaik buat kita kok. Jadi jangan terlalu panik memikirkan hasil…
                Oh iya, tahajud nya jangan lupa ya sob. Udah ane mah yakin banget, ente-ente semua pasti tahajud nya kenceng gak cuman pas ujian aja, pas minta jodoh juga #uppss… (hehehe)
Pokok nya saling mendoakan ya, buat SEMUA MAHASISWA LIPIA sukses, lancar, nyaman pas UAS deh… terakhir, yang belom beli pen biru buruan beli, siapin tuh semua alat-alat tulis yang ente butuhin…
                Nah, sekian dari ane, map ye kalo bawel banget. Sekedar pengen bagi-bagi saran aja. Oke sob, ane rasa udah cukup, ane juga mau balik ngambil buku dan belajar. Doain ane juga ya, jangan lupa, ini wajib loh! : )
                Kalo berasa care sama temen-temen sebelah ente, gak papa kok tulisan ini di bagi-bagi. Semoga manfaat ya… FIGHTING!!! 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »